Situs Monopoly Indonesia

China Larang 5 Negera Muslim Nginap Hotel

Kepolisian China menerbitkan larangan bagi pengelola hotel di kawasan Guangzhou agar tidak menerima tamu khusus dari lima negara mayoritas muslim. Warga negara yang dianggap berisiko tinggi berasal dari Pakistan, Turki, Afghanistan, Suriah, dan Irak.

Alasan kebijakan diskriminatif itu diduga terkait upaya pengamanan pertemuan G20 yang akan digelar di Kota Hangzhou pada 4-5 September mendatang.

Channel News Asia melaporkan, Sabtu (27/8), imbauan polisi agar hotel tidak menerima tamu dari lima negara khusus berlaku sejak pekan lalu hingga awal 10 September. "Kami tidak mendapat penjelasan memadai kenapa hanya tamu dari lima negara itu yang harus ditolak," kata seorang resepsionis di Guangzhou.

Imbauan polisi ini terutama ditujukan pada pengelola hotel-hotel kelas melati yang ongkosnya murah. Saat dikonfirmasi lebih lanjut, Beijing membantah menerbitkan instruksi khusus terkait warga lima negara berisiko.

"Tidak ada perintah resmi yang pernah dikeluarkan terkait kebijakan seperti itu," kata Lu Kang, juru bicara kementerian Luar Negeri China.

Diduga, imbauan ini inisiatif Kepolisian Guangzhou sendiri. Pihak kepolisian setempat menolak berkomentar pada wartawan.

Selain mencurigai tamu asing dari negara muslim, Kepolisian Tiongkok mengetatkan pengamanan di Provinsi Xinjiang, wilayah yang dihuni jutaan warga muslim dari etnis Uighur. Radio Free Asia melaporkan bila restoran-restoran halal dikelola warga Uighur diminta tutup selama KTT G20 berlangsung.
Previous
Next Post »

Situs Monopoly Indonesia